Ibu Hamil Peserta BPJS Sebaiknya Menghindari Naik Kelas Saat Melahirkan di Rumah Sakit

Ini adalah share pengalaman yang dialami beberapa teman dan mungkin bermanfat bagi mereka yang belum tau mengenai persalinan dengan kartu BPJS, untuk prosesnya memang sama baik menggunakan BPJS ataupun yang tidak, walaupun anda di paket BPJS kelas 3 maka pelayanan baik operasi caesar maupun yang lahir normal adalah sama, yeng membedakan adalah kelas kamar nantinya setelah persalinan selesai.

Mengapa disini saya tulis artikel Ibu Hamil peserta BPJS sebaiknya menghindari naik kelas, yang pertama saya tulis adalah bagi ibu hamil yang akan melahirkan normal, tidak perlu anda naik kelas, misalnya BPJS anda golongan 3, dan ingin masuk ke ruangan kelas 1 maka ini harus dihindari karena anda harus nombok lumayan juga. Pertimbangannya jika anda lahir normal mungkin anda hanya butuh semalam saja menginap di rumah sakit, padahal biaya yang harus anda keluarkan bukan hanya bayar semalam itu, namun juga proses persalinan juga biayanya akan nombok seperti biaya orang di kelas 1. Paham bukan kalau cuma semalam saja saya kira tidak begitu masalah asal kondisi ibu baik. 

pertimbangan naik kelas saat persalinan dengan kartu BPJS
Bagaimana dengan yang melahirkan caesar, jika memang anda mampu dan mau untuk membayar tombokan atau sisa kekurangan mungkin tidak masalah, karena ibu hamil yang caesar butuh waktu beberapa hari di rumah sakit, jika mampu maka boleh saja naik kelas. Namun perlu anda ketahui, operasi caesar seperti pengalaman teman saya, ketika dia masuk rumah sakit dia memiliki BPJS kelas 2, karena PNS gol 2, dan dia minta naik kelas ke kelas utama atau paviliun yang sekamar satu orang. Namun apa jadinya, ternyata biaya operasi juga mengikuti harga kelas, padahal proses sama, misalkan sesuai kelas maka gratis, namun karena dia minta naik kelas dia harus nombok sekitar 12 juta untuk membayar kekurangannya. 

Jadi sangat disayangkan bukan uang sebanyak itu lebih baik buat si buah hati kita aja setelah lahir, karena setelah lahir kebutuhan kita juga masih banyak. Jadi jangan gengsi untuk tetap memanfaatkan kartu BPJS sesuai kelas kita. Agar ga perlu repot repot nombok banyak.

25 Responses to "Ibu Hamil Peserta BPJS Sebaiknya Menghindari Naik Kelas Saat Melahirkan di Rumah Sakit"

  1. Katanya klo make bpjs yg bayar...pas melahirkan nya atau d rumah sakitnya g akan bayar lg atau bayar sparuh....tlong d jelas kan yah bun...soalnya stau saya...klo g naik klas satu jarang d kasih rujukan ke RS.yg bagus pelayanan nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuaikan saja sama kartu BPJS anda, jika di kelas 2 ya gunakan di kelas 2, jangan naik ke kelas 1 karena nomboknya lumayan banyak, apalagi ke pavilun VIP. Kalau Bumil saat melahirkan bisa langsung saja ke rumah sakit tanpa harus minta rujukan karena dalam kondisi darurat..

      Delete
    2. Kalau dikelas satu gimana? Bpjs kls satu..

      Delete
    3. Kalau dikelas satu gimana? Bpjs kls satu..

      Delete
    4. Ya sesuaikan kelas anda.. 1 ya kelas 1

      Delete
  2. Kalo misalkan bpjs baru d bikin bulan april.trus lahiran d rs normal/sesar apakah bisa d gunakan tanpa mengeluarkan biaya? Bpjs d kelas2 tanpa naik klas.trims

    ReplyDelete
  3. Dibikin kapanpun asal status kepesertaan sudah aktif berarti sudah bisa dipakai bu.. Yg penting ketika anda masuk rs status kartu sudah aktif (bisa dicek di aplikasi bpjs)..namun memang masalahnya saat ini ketika buat kartu tidak bisa langsung aktif atau bisa dipakai. Jd harus nunggu dulu bisa sampai 3 mingguan. Maka sebaiknya siapkan sedari awal.. Karena walaupun amda sdh terdaftr tp status kartu blm aktif maka sama saja anda dianggap sebagai pasien umum yang bayar.. Info lebih jelas silahkan tanya kantor bpjs terdekat

    ReplyDelete
  4. Berapa rupiahkah biaya yg ditanggung oleh bpjs untuk persalinan cecar, dgn bpjs rawat inap kelas II ? apakah semua biaya gratis kl rujukan dr faskes 1 adalah rs. Pemerintah? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rs swasta maupun pemerintah asalkan anda menggunakan kartu bpjs sesuai kelas anda yaitu kelas 2 maka gratis, baik sesar maupun normal.. Yg penting jangan naik kelas 1 atau vip,

      Delete
  5. Selamat malam, hari tadi saya mendaftarkan istri saya operasi cesar sesuai anjuran dokter, namun pada waktu saya mengajukan paket bpjs disitu saya dijelaskan bahwa bpjs hanya menanggung beban sebesar 4.800.000, sisanya dibayar oleh saya sebagai pasien. Nah disini saya jadi bingung sebagai pengguna layanan bpjs. Mohon pencerahan. Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya sesar gratis itu bisa menjadi bayar jika :
    1. Anda naik kelas atau pindah ruang yang lebih bagus, berarti anda tidak menggunakan bpjs sesuai kelas anda
    2. Sesar atas permintaan sendiri, dokter yg ditunjuk oleh bpjs tidak merekomendasikan lahir sesar karena bisa normal. Tp anda ingin sesar maka ini juga bida menjadi bayar karena tanpa rekomendasi medis

    Bagaimana jika dijelaskan bahwa paket bpjs hanya menanggung 4.800.000, ya memang bpjs memberikan klaim pada rumah sakit tindakan sesar sebesar rupiah tersebut. Dan tentu konsekuensi rumah sakit harus bisa mengelola uang tersebut agar menjadi cukup. Dan tidak dibebankan pada pasiennya.
    Mungkin rumah sakit menjelaskan bahwa jatah anda utk operasi sesar itu 4.800.000 utk memperjelas bahwa jika anda naik kelas maka anda harus membayar kelebihannya..

    Mgkn itu yg saya tau
    Utk info lebih jelas silahkan hub klok bpjs terdekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon pencerahan tadi di sebut naik kelas permintaan sendiri..
      Bagaimana klo naik kelas nya itu saran dari perawat karna di klas 2 sudah penuh dan sama perawat di sarankan ke klas 1

      Delete
    2. Mohon pencerahan tadi di sebut naik kelas permintaan sendiri..
      Bagaimana klo naik kelas nya itu saran dari perawat karna di klas 2 sudah penuh dan sama perawat di sarankan ke klas 1

      Delete
    3. Mohon pencerahan tadi di sebut naik kelas permintaan sendiri..
      Bagaimana klo naik kelas nya itu saran dari perawat karna di klas 2 sudah penuh dan sama perawat di sarankan ke klas 1

      Delete
  7. misalnya bpjs dibuat tgl 14 juli dan aktif tgl 27 juli, tiba2 mendadak caesar krn induksi yg gagal. Apa bs dipakai sblum tgl 27 juli?

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya berapa sih biaya yg di tangung BPJS KLO MELAHIRKAN SECARA SECAR DI KELAS 2 DAN KLAS 1 MOHON PENCERAHAN NYA..

    ReplyDelete
  10. Klo bumil mau melahirkan di rs, apa perlu rujukan lg?

    ReplyDelete
  11. Klo bumil mau melahirkan di rs, apa perlu rujukan lg?

    ReplyDelete
  12. Kalo sesar clas 2 tp dokter/prwt yg bertugas dsitu blg clas 2 full hrs naik clas 1..brp bpjs akan menanggung biaya?pdhl bkn keinginan qt..mohon penjlsn nya...mnrt info di rs.elisabeth smg kl naek clas dari 2 ke 1 biaya yg dkeluarkan sekitar 21-25jt trs bpjs hy menanggung sktr 5jt an...apakah itu benar?kesimpulannya bpjs tdk membantu,pdhl qt byr tiap bln 2%dipotong dari gji 😢

    ReplyDelete
  13. Berapa ya plafon yang tertanggung bpjs untuk kelas I, untuk PNS golongan IIIc

    ReplyDelete
  14. Apakah lahiran sc kedua kalinya menggunakan bpjs tetap bisa? Karena saya melahirkan anak pertama januari 2016 menggunakan bpjs, dan bulan desember nanti saya dipastikan melahirkan lagi dengan cara caesar. Dibawah 2tahun, 1 tahun 11 bulan. Apa bisa saya melahirkan menggunakan bpjs kembali? Karna sudah dipastikan, dikarenakan jarak kelahiran trlalu dekat maka harus caesar lgi.

    ReplyDelete
  15. klu menurut sy askes pns lbh baik kluar sj dr bpjs krn slma askes masuk di bpjs pelayananx tdk maksimal sedangkan gaji kt dipotong tiap bulan

    ReplyDelete
  16. Mba mw tanya kalo.rs yg mnyarankan untuk naek kelas krna kelas 3pnuh tw bermslah gmna ya mba?dn anehnya si rs ini menginfokan hal tsb, sbln sblm hpl?

    ReplyDelete
  17. Apakah di kelas 2 benang jahitan n obat2an nya sm dg kelas 1? Sy bingung... cz sbntr lg mo operasi caesar tp bingung naik kelas atau tdk..

    ReplyDelete