Bisakah Kartu BPJS digunakan di Luar Kota ?

Pertanyaan mengenai apa bisa kartu BPJS itu digunakan saat kita keluar kota, misalnya kunjungan kerja, ke tempat saudara, berlibur, ada urusan sebentar, atau kerja diluar kota. padahal PPK tingkat 1 kita ada di daerah asal kita. Jawabnya adalah BISAAAA.... Itu yang dijelaskan oleh Petugas BPJS. namun ingat dengan catatan saudara saudara pengguna BPJS semua. Bukan berarti kita bisa seenaknya berobat ketika sudah diluar kota tersebut. Nanti kita taunya bisa tapi setelah dipakai beberapa kali disana ga bisa. Protes lagi dengan kantor BPJSnya kan kasian. :D

bolehkah kartu bpjs dipakai di luar kota

Jadi yang jelas ada ketentuan yang mengatur masalah ini yang akan kami simpulkan di bawah ini :

  • Jika anda sedang bebergian dan ditengah jalan sakit darurat maka jelas kartu ini bisa dipakai di rumah sakit dimana anda sakit tersebut. Karena dalam kondisi darurat.
  • Jika anda mengalami sakit ringan misalnya flu, atau gatal gatal, maka anda bisa langsung berkunjung ke Puskesmas yang sudah pasti bergabung dengan BPJS, Atau klinik pratama di tempat tersebut yang bekerjasama dengan BPJS. Namun ini ada catatannya, anda hanya bisa sekali menggunakan, selanjutnya jika anda ingin berobat lagi ke tempat tersebut maka anda harus mencari surat keterangan dari kantor BPJS di kota tersebut. Kalau dibilangnya sih sekali masih di maafkan anmun selanjutnya harsu lapor dulu.
  • Kasus selanjutnya jika anda akan disitu selama berbulan bulan atau lebih dari 3 bulan maka sangat disarankan untuk pindah di PPK terdekat di situ, misalnya puskesmas, klinik pratama, atau dokter keluarga yang ada di luar kota tersebut. jadi anda tidak kesulitan lagi ketika harus berobat nantinya.

Jadi jika anda tau prosedurnya sebenarnya tidak susah dan tidak berbelit belit, sering seringlah membaca mengenai aturan dan prosedur yang berlaku dengan aturan BPJS sehingga anda tidak perlu mengeluh ini itu tanpa tau solusinya. So mari kita jadi peserta BPJS yang pintar. Jika ada yang kurang maka anda bisa melapor segera ke kantor BPJS terdekat untuk mendapatkan solusi. Anda juga harus simak juga kalau kita punya kartu BPJS tapi musti harus bayar, kenapa bisa?

0 Response to "Bisakah Kartu BPJS digunakan di Luar Kota ?"

Post a Comment