Bagaimana Cara Mengurus BPJS Untuk Perubahan Golongan PNS 2, 3 dan 4

Sistem BPJS atau dulu disebut dengan Askes yang sebelumnya menaungi asuransi PNS sebenarnya hampir sama. baik dari sistem dan syarat syaratnya. Hari ini saya merasakan sendiri tentanga bagaimana cara merubah kelas BPJS karena kita sudah naik golongan misalnya dari PNS gol. IId ke IIIa. Maka yang akan terjadi adalah dari sebelumnbya misalnya kita dirawat di RS mendapat Ruang Kelas II maka sekarang dengan perpindahan golongan tersebut kita akan mendapatkan ruang kelas I. tapi jangan mengharap ya karena tentunya kita berharap tetap sehat wal afiat.
Berangkat ke kantor BPJS cabang sekitar jam 12.30 ternyata tidak ada jam istirahat, dan saya dilayani oleh satpam ketika datang dan ditanya mau apa, saya jawab saja mengurus Penyesuaian perubahan Golongan PNS dari golongan 2 ke 3. Langsung saja satpam tersbut menjelaskan apa syaratnya. 

Jika anda berniat mengurus penyesuaian golongan maka yang harus disiapkan adalah :
1. FC SK Kenaikan pangkat dari Gol 2 ke 3, atau gol. 3 ke 4, Misalnya
2. FC Legger atau daftar gaji terakhir yang biasanya ditandatangani setiap bulannya.
3. FC Kartu keluarga.
4. Kartu BPJS atau Askes lama. tidak usah FC saja

Dengan 4 syarat tersebut sebenarnya sudah cukup untuk melakukan penyesuaian golongan di BPJS. Nanti anda akan diberikan blangko dari BPJS yang harus anda isi dan anda cukup isi nama, no BPJS sama perubahan gol. pNS. dan Tanda tangan. Karena tadi itu antrian sepi jadi saya hanya butuh waktu 20 menit dari masuk sampai keluar lagi.

Cara mengurus perubahan golongan PNS di BPJS

Kenapa Perubahan Golongan PNS kok tidak otomatis atau sinkron dengan Kartu BPJS?  
Nah ini yang saya tanyakan tadi kepada petugas BPJS nya, kenapa kok tidak otomatis di jaman sekarang yang sudah serba online. Jawabnya sangat simple, saat ini BKD, BKN, Pemkot belum memiliki data yang sinkron mengenai perubahan gol. PNS. Jadi kita masih harus mengurus sendiri ke kantor BPJS. Tapi ini kedepannya mungkin bisa berubah menjadi otomatis karena sekarang kita harus mengisi PUPNS bagi para PNS di indonesia dan hukumnya wajib. jadi setiap orang nantinya akan memiliki database mengenai pangkat, gol. alamat, data suami istri. dan ini akan menjadi data bagi BPJS untuk langsung mengurus penyesuaian kenaikan kelas bPJS dengan perubahan golongan PNS.

nah itulah sedikit cerita pengalaman mengenai cara mengurus penyesuaian golongan di kantor BPJS ketika kita naik pangkat / golongan. Cukup mudah dan tidak ribet, datang saja ke kantor BPJS terdekat.

0 Response to "Bagaimana Cara Mengurus BPJS Untuk Perubahan Golongan PNS 2, 3 dan 4 "

Post a Comment